Persamaan dan Perbedaan CMYK & RGB

Ada 2 unsur warna dalam dunia desain, yaitu CMYK dan RGB, di antara keduannya ada persamaan dan perbedaan. Saya akan membahas sedikit mengenai persamaan dan perbedaan dari kedua unsur warna tersebut.

1. CMYK ( Cyan Magenta Yellow Black)
Source : http://www.ilmugrafis.info/artnews/20artikel2.png

CMYK,  adalah singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, Black. Unsur warna ini juga sering disebut warna proses / empat warna. Unsur warna ini berbasis pengurangan beberapa gelombang cahaya (substactive) dan kebanyakan digunakan untuk percetakan berwarna. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dll.



2. RGB ( Red Green Blue)
http://www.ilmugrafis.info/artnews/20artikel3.gif

RGB, adalah singkatan dari Red, Green, Blue. Unsur warna RGB merupakan model warna pencahayaan (additive), yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti fotografi , desain web, monitor.  
RGB difungsikan sebagai tampilan di monitor komputer, karena warna latar belakang monitor adalah hitam, sehingga warna dasar  Red=Merah, Green=Hijau, Blue=Biru. difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang hitam.


Persamaan CMYK & RGB
  • Merupakan Warna Primer
Perbedaan CMYK & RGB
  • CMYK terdiri dari (Cyan - Magenta - Yellow - Black / banyak orang menyebut Biru - Merah - Kuning - Hitam) sedangkan RGB terdiri dari (Red - Green - Blue / Merah - Hijau - Biru) 
  • CMYK merupakan warna primer yang digunakan pada printer sedangkan RGB adalah warna primer yang digunakan pada monitor
  • CMYK digunakan untuk desain yang nantinya tampil pada media cetak, sedangkan RGB digunakan untuk desain yang tampil pada monitor
  • Pada warna CMYK, jika CMY dicampur maka akan menghasilkan warna hitam, RGB jika warna RGB dicampur maka akan menghasilkan warna putih.
Jadi, untuk hasil cetak yang maksimal gunakan warna CMYK, dan untuk desain web / grafis yang di-output-kan ke monitor gunakan warna RGB.
~Salam :)

2 Responses to "Persamaan dan Perbedaan CMYK & RGB"

Berkomentarlah dengan sopan :)