Fungsi Hashtag dan Manfaatnya


Sering kali kita menemui status di facebook, atau kiriman di twitter ataupun di instagram yang mengandung tanda "#" (pagar) / hashtag. Apa sebenarnya fungsi hashtag ini? Mungkin menurut anda hanya untuk gaya-gayaan saja. 
Sebenarnya hashtag ini memiliki fungsi-fungsi lain yang lebih bermanfaat, bukan hanya untuk gaya-gayaan saja. Berikut akan saya bahas sedikit tentang fungsi dan manfaat dari hashtag, agar kita bisa memaksimalkan fungsi hashtag.

Posting Lintas Platform antara Twitter dan Facebook
Twitter dan Facebook walaupun bersaing sebenarnya keduanya berjalan seiringan. Anda dapat melakukan posting di Facebook melalui Twitter, inilah mengapa banyak kiriman di facebook yang menggunakan hashtag sebelum facebook benar-benar mensupport fitur hashtag, mungkin banyaknya postingan lintas platform inilah yang membuat facebook benar-benar mensupport fitur hashtag.

Melakukan pencarian konten yang kita inginkan
Fungsi hashtag pada facebook adalah mencari konten yang kita inginkan, tentu saja konten yang anda dapatkan adalah konten yang dapat dibagikan oleh sesama penggna facebook, misalkan kita ingin mencari tentang rahvana maka kita tinggal ketikan #rahvana pada kolom pencarian facebook dan semua konten yang berhubungan dengan Rahvana akan ditampilkan.

Melakukan pengelompokan konten
Fungsi hashtag pada facebook selanjutnya, bisa digunakan untuk mengelompokan konten. Kita bisa menambahkan hashtag pada setiap kiriman, gambar, acara yang kita buat. Jika kita membuat acara pada facebook dan menyertakan hashtag di dalamnya, maka semua update tentang acara yang kita buat akan terkelompok dengan baik. Sehingga kita dapat mengetahui perkembangan sebuah acara.
Orang lain yang tidak mengikuti acara yang kita buat namun tertarik mengikuti perkembangannya, mereka bisa mengetikan hashtag yang sama, dengan hashtag yang terdapat dalam acara tersebut untuk mengetahui update acara.

Mengombinasikan hashtag dan mention untuk konten yang lebih seru dan bermanfaat
Anda bisa mencampur fungsi hashtag dengan mention untuk membuat konten yang lebih kaya dan bermanfaat. Kita bisa melakukan mention dengan mengetikan @ di depan nama profile halaman atau seseorang yang akan kita mention. Misal kita memiliki teman si Vivi, ia ingin mencari informasi tentang acara kenduri cinta, acara tesebut mempunyai hashtag #kenduricinta . Kita bisa melakukan mention seperti ini : @Vivi nanti malam #kenduricinta jam 20.00 jangan sampai telat. (misal)

Jadi fungsi hashtag bukan hanya untuk gaya-gayaan yang nggak jelas, ada fungsi yang lebih bermanfaat ;)


5 Responses to "Fungsi Hashtag dan Manfaatnya"

  1. Siiipt... nitip link gan
    http://bang-odesign.blogspot.co.id/2016/09/autodesk-sketchbook-v341-full.html

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan sopan :)