Penemu Bohlam Lampu pertama kali bukan Thomas Alva Edison


Selama ini kita menganggap Thomas Alva Edison sebagai penemu bohlam lampu pertama kali. Tidak hanya kita (orang di Indonesia), Thomas Alva Edison juga dikenal sebagai pebisnis di Amerika yang menemukan bohlam lampu. Namun penemuan bohlam lampu pernah menimbulkan kontroversi sebelum Thomas Alva Edison mendapatkan patennya pada 1879.

Pada tahun 1809 seorang penemu asal inggris bernama Humphry Davy dikatakan telah menciptakan lampu listrik pertama pada 1802.

Pada tahun 1840, para penemu seperti Warren De la rue sudah menggunakan tabung vakum dan melakukan percobaan dengan berbagai jenis Filamen. Namun selalu sulit untuk menentukan siapa yang pantas disebut Bapak Bohlam Lampu.

Sejak tahun 1840-1880, paten diajukan untuk sejumlah prototipe yang berbeda. Dari beberapa prototipe yang paling diragukan adalah milik Thomas Alva Edison dan Joseph Wilson Swann. Swann menyebabkan kekacauan pada tahun 1878 setelah dia mempresentasikan prototipe lampunya di Newcastle. Swann disebut sebagai pemilik rumah dengan penerangan lampu listrik pertama kali.

Bahkan sampai tahun 1878 Thomas Alva Edison belum menciptakan bola lampu.  Namun, ketika dia mulai membuat Bohlam Lampu, dia langsung membuat terobosan besar. Penemuannya adalah filamen dari karbon yang tahan lama, lalu dari bambu yang dikarbonisasi. Setelah itulah Bohlam Lampu mampu bertahan berbulan-bulan.

Penting : Paten Thomas Alva Edison hanya menjelaskan penemuan tentang "Perbaikan Lampu Listrik". Penemuanya adalah bola lampu pertama yang tahan lama. Tetapi jika bicara tentang penemu bohlam lampu pertama kali seharusnya dialamatkan kepada Warren de la Rue yang merupakan pencitpa bolam dengan menjalankan listrik melalui filamen dalam Tabung Vacum yang disegel, sekitar 38 tahun sebelum Thomas Alva Edison.

pro-to-ti-pe  n ,model yang mula-mula (model asli) yang menjadi contoh; contoh baku; contoh khas: ia merupakan -- manusia demokrat

0 Response to "Penemu Bohlam Lampu pertama kali bukan Thomas Alva Edison"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan :)